Mogok Kerja Toshiba Indonesia telah Genap Sebulan

Genap Sebulan Karyawan PT. Toshiba Lakukan Aksi Mogok Kerja

Sejak 16 April 2009 lalu sekitar 700 karyawan PT. Toshiba yang terletak dikawasan EJIP Kabupaten Bekasi telah melakukan aksi mogok kerja. Aksi ini mereka lakukan sebagai bentuk kekecewaan terhadap pihak perusahaan yang mereka anggap tidak lagi memperhatikan kepentingan para karyawan. Aksi tersebut menyusul aksi-aksi yang telah mereka lakukan seperti pengumpulan tanda tangan dan orasi-orasi yang dilakukan sebelum akhirnya karyawan melakukan aksi mogok kerja.

Menurut seorang sumber yang dihubungi, 700 karyawan yang merupakan karyawan tetap dari total sekitar 850 orang karyawan perusahaan tersebut merasa kecewa dengan kebijakan perusahaan yang belum juga menyetujui kesepakatan bersama antara pihak karyawan dengan perusahaan. Disamping itu keberadaan serikat pekerja pada perusahaan tersebut merasa tidak lagi diperlukan.

Beberapa kebijakan pemotongan biaya (Cost Down) telah dilakukan perusahaan sampai dengan penundaan pembayaran bonus cuti besar yang baru dibayar setelah adanya aksi-aksi para karyawan. Bahkan perusahaan telah mem-PHK beberapa pengurus serikat pekerja perusahaan tersebut.

Aksi mogok kerja ini menurut rencana akan selesai pada tanggal 15 Mei 2009, namun karena pihak perusahaan belum juga menunjukan itikad baiknya maka para karyawan tersebut akan terus melakukan aksinya. Apalagi para karyawan tersebut tidak menerima gaji bulan ini menyusul keputusan perusahaan yang menganggap mereka telah mengundurkan diri.

Kasus ini telah sampai kepada Menakertrans yang memanggil pihak menejemen perusahaan , namun pihak menejemen tidak memenuhi panggilan mentri tersebut. Apalagi terhadap kedatangan Wakil Bupati Bekasi pada Jum’at 15 Mei 2009 pun dinilai tidak akan banyak berpengaruh.

sumber : BekasiOnline

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: