Mogok Kerja PT. Toshiba Indonesia (hari ke-27/13 Mei 2009)

Rabu, 13 Mei 2009 (hari ke 27)

Hari demi hari perkembangan Mogok karyawan PT. Toshiba makin mendapat tantangan dari pengusaha, seolah mereka tidak menghiraukan apa yang sedang kita lakukan. termasuk solidaritas dari dunia Internasional. Tekanan-tekanan terus dilakukan. Berikut Sekilas apa yang terjadi pada mogok hari ke 28.

Pada hari ini perusahaan sudah mencoba menjalankan produksi dengan langkah memasukkan karyawan non mogok untuk bekerja di perusahaan. Karyawan yang mau masuk kerja dikumpulkan di EJIP Centre sejak jam 07.00 pagi dan diberangkatkan ke Toshiba pada pukul 08.30 dengan menggunakan 2 Bus. Satu hari sebelumnya presiden direktur sudah menargetkan untuk produksi 500 Set/hari.

Tidak ada pergerakan yang bisa terpantau dari dalam perusahaan karena karyawan non mogok dilarang mendekat ke dalam bangunan Pabrik oleh security.

Seiring dengan aktivitas di Pabrik, sebagian pengurus serikat pekerja (PUK) menuju ke kantor menteri tenaga kerja di Jakarta, karena satu hari sebelumnya ada panggilan dari departemen tenaga kerja kepada pihak pengusaha dan pekerja untuk hadir pada hari Rabu, 13 Mei 2009 jam 10.00, guna mencari jalan penyelesaian perselisihan hubungan industrial ini. PUK yang didampingi oleh perangkat organisasi sudah menunggu sejak Pukul 09.45 di ruangan yang telah ditentukan oleh pihak Depnaker. Setelah menunggu sampai pukul 11.30, satu orangpun dari pihak pengusaha tidak menampakkan diri pada pertemuan ini, maka pihak PUK dan Depnakertran yang sudah menunggu 1 jam setengah membubarkan diri.

Jam 16.00, terlihat adanya pergerakan sebuah mobil truk yang memuat equipment pendukung produksi seperti jig dan mesin testing untuk dibawa keluar dari area pabrik. Pengeluaran barang tersebut tidak dilengkapi oleh surat-surat pendukung, sehingga tidak diizinkan keluar dari pabrik oleh para peserta mogok.

Jam 16.30, peserta aksi dikejutkan oleh tindakan manajemen yang mematikan sumber air bersih yang selama ini mereka pakai. Akibat dari tindakan manajemen ini, aktivitas para peserta mogok kerja mengalami kesulitan. Jangankan untuk aktivitas MCK (mandi, cuci dan kakus) untuk wudlu untuk shalat pun mereka tidak mendapatkan sumber air.

Tindakan manajemen tidak hanya berhenti sampai disini saja, mereka juga mematikan sumber listrik pada jam 17.30. Keadaan menjadi gelap gulita ketika matahari mulai tenggelam. Kegelapan melanda seluruh pabrik termasuk kantin driver yang selama ini dijadikan tempat istirahat para pemogok kerja menjadi mencekam tidak ada penerangan sama sekali, hal ini juga dirasakan oleh rekan-rekan security yang poskonya juga gelap gulita, hanya diterangi oleh Emergency lamp saja.

“Mudah-mudahan Allah SWT, senantiasa memberikan kekuatan dan ketabahan kepada kita semua, yang berdiri membela kebenaran melawan Penindasan oleh Managemen PT. Toshiba Indonesia “

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s